JADI JUMANTIK

JADI JUMANTIK



         Pemantauan jentik nyamuk (08/06/2014), di Desa Persen merupakan kegiatan Bina Bakti Masyarakat lanjutan dari penyuluhan tentang DBD dan pembagian Abate gratis yang dilakukan seminggu sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan oleh anggota KSR dengan tema “Jadi Jumantik”, Jumantik itu kepanjangan dari Juru Pemantau Jentik. Sekitar 20 orang anggota KSR dengan berbekal lampu senter, mereka melakukan pemantaun jentik nyamuk di rumah-rumah warga di Desa Persen.
Mereka antusias dalam melakukan kegiatan tersebut, terbukti dengan persiapan yang cukup matang dalam memberantas penyakit DBD melalui pemantauan jentik di rumah warga. “Mbak, di bak mandi saya ada jentiknya ? ” kata salah seorang warga yang tidak mau kalah semangat, menerima anggota KSR untuk melakukan pemantauan jentik di rumah mereka khususnya di tempat-tempat penampungan air. Seperti bak mandi, ember, barang-barang yang dapat menampung air dan lain-lain. Selain memantau jentik, anggota KSR juga menanyakan kepada warga tentang keefektifan penggunaan abate yang telah diberikan pada Minggu sebelumnya dan juga tidak lupa saran yang bermanfaat kepada warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. “
            Hasil dari pemantauan jentik di rumah warga Desa Persen adalah tergolong rendah atau tidak ada jentik. Harapannya dari kegiatan ini adalah warga Desa Persen terhindar dari penyakit DBD dan mengetahui tentang arti dari menjaga kebersihan lingkungan sekitar.(red)

   

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates