Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan membuka secara resmi kegiatan NVWC 2014

National Voluntary Work Camp 2014 sebagai sarana berbagi ilmu dan pengenalan budaya masing-masing daerah

          National Voluntary Work Camp As Agents Of Conservation And Disaster Risk Reduction 2014 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Semarang yang melibatkan peran dan partisipasi dari PMI daerah se-Indonesia dan rekan-rekan KSR PMI UPT se-Indonesia sebagai peserta wajib dan peserta tambahan dari lembaga non-PMI yang meliputi Mitra Palang Merah, BPBD, Dikti, KPB (Konsorsium Pendidikan Bencana), UN Volunteer, Education Cluster, dan lembaga swadaya masyarakat yang terkait wilayah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep KSB (Kampus Siaga Bencana) sebagai upaya PRB (Pengurangan Resiko Bencana)  di lingkungan kampus.

     National Voluntary Work Camp 2014 (NVWC)  dilaksanakan pada tanggal 28 - 31 Agustus 2014 bertempat di lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang di Jawa Tengah. Adapun bentuk kegiatannya meliputi Lokakarya KSB (kampus siaga bencana) untuk menyamakan persepsi mengenai pelaksanaan KSB, pelatihan VCA (Vulnerability and Capacity Assesment) dan PRA (Participatory Rural Appraisal) yang merupakan pelatihan assessment atau penilaian kerentanan dan  kapasitas sekaligus pengkajian keadaan lingkungan secara partisipatif, happy healthy yaitu kegiatan pengakraban antar peserta, pentas budaya yang berupa pementasan karya kreatifitas peserta secara berkelompok dengan tema “Pelangi Nusantara” dan Tour De Semarang untuk mengenalkan wisata kota Semarang.

      Kegiatan NVWC ini dibuka pada Kamis, 28 agustus 2014 pada pukul 14.30 WIB secara resmi oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Masrukhi M.Pd. “Kita harus selalu siap jika bencana datang, bertindak cepat dan tepat apa yang akan kita lakukan” himbau beliau dalam sambutannya. Beliau juga berharap selain peserta dapat berbagi ilmu dalam kegiatan ini, peserta juga dapat saling mengenalkan budaya dari masing-masing daerah. Dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Unnes ini di hadiri oleh  Perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah, perwakilan walikota Semarang, Perwakilan dari pengurus PMI Provinsi, perwakilan pengurus PMI Kota Semarang, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Kabag kemahasiswaan Unnes, Koordinator dosen pendamping minat dan kegemaran, Pembantu Dekan bidang kemahasiswaaan fakultas di Unnes, Kepala Pusat Layanan kesehatan Unnes, KSR PMI UPT se-kota Semarang, dan berbagai UKM di Unnes.

      Kegiatan ini di ikuti oleh sejumlah 52 Unit Perguruan Tinggi se-Indonesia dan 2 PMI daerah. Peserta dari KSR PMI unit Universitas Papua (Unipa) merupakan peserta terjauh yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan menggunakan kapal, mereka meninggalkan Papua Barat sejak 19 Agustus 2014, transit di Surabaya tanggal 23 Agustus 2014 dan tiba di Semarang tanggal 25 Agustus 2014.

      NVWC 2014.. Yes We Are Ready ! Merupakan jargon yang dipekikkan sebagai penyemangat dalam kegiatan tersebut. Semoga melalui kegiatan ini mampu terjalin silahturahim antara KSR UPT se-Indonesia dan semakin meningkatkan semangat jiwa kepalangmerahan pada generasi muda Indonesia. SIAMO TUTTI FRATELLI!

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates