National Voluntary Work Camp 2014 Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana Di Lingkungan Kampus

 

      National Voluntary Work Camp As Agents Of Conservation And Disaster Risk Reduction 2014 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Semarang yang melibatkan peran dan partisipasi dari PMI daerah se-Indonesia dan rekan-rekan KSR PMI UPT se-Indonesia sebagai peserta wajib dan peserta tambahan dari lembaga non-PMI yang meliputi Mitra Palang  Merah, BPBD, Dikti, KPB (Konsorsium Pendidikan Bencana), UN Volunteer, Education Cluster, dan lembaga swadaya masyarakat yang terkait wilayah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep Kampus Siaga Bencana (KSB) sebagai upaya pengurangan resiko bencana (PRB) dilingkungan kampus.

       National Voluntary Work Camp (NVWC) dilaksanakan pada 28-31 Agustus 2014 bertempat di Gedung Auditorium Universitas Negeri Semarang. Adapun bentuk kegiatannya meliputi Lokakarya kampus siaga bencana untuk menyamakan persepsi mengenai pelaksanaan KSB, pelatihan VCA (Vulnerability and Capacity Assesment) dan PRA (Participatory Rural Appraisal) yang merupakan pelatihan assessment atau penilaian kerentanan dan kapasitas sekaligus pengkajian keadaan lingkungan secara partisipatif, Happy Healthy yaitu kegiatan pengakraban antar peserta, Pentas Budaya yang berupa pementasan karya kreatifitas peserta secara berkelompok dengan tema “Pelangi Nusantara”   De Semarang untuk mengenalkan wisatakota Semarang.

     Kegiatan ini diikuti oleh 101 peserta yang berasal dari 15 Provinsi di Indonesia, diantaranya yaitu 31 peserta dari Jawa Tengah, 7 peserta dari Jawa Barat, 2 peserta dari Banten, 6 peserta dari DKI Jakarta, 27 peserta dari Jawa Timur, 7 peserta dari DIY, 2 peserta dari Bengkulu, 1 pesertadari Sumatera Utara, 4 peserta dari Bali, 2 peserta dari Sulawesi Utara, 2 peserta dari Sulawesi Selatan, 2 peserta dari Kalimantan Utara, 3 peserta dari Kalimantan Selatan, 2 peserta dari Kalimantan Barat, 3 pesertadari Papua Barat.

       Peserta antusias datang ke Universitas Negeri Semarang untuk megikuti kegiatan yang di dahului oleh peserta dari Papua Barat. Mereka meninggalkan Papua Barat untuk berlayar menuju Jawa Tengah sejak 20 Agustus 2014 dan tiba di kampus Unnes tanggal 25 Agustus 2014. Kemudian disusul oleh peserta lain tanggal 27 Agustus 2014. Kemudian tanggal 27 malam, peserta diarahkan untuk mulai bermalam di tenda-tenda yang 2 hari sebelumnya telah didirikan oleh Panitia NVWC 2014 di sebelah barat Mushola Rektorat Unnes.

   Kegiatan resmi dibuka oleh Prof. Dr. Masrukhi M.Pd selaku Pembantu Rektor Bidang kemahasiswaan Unnes pada tanggal 28 agustus 2014 pkl. 14.30 WIB dengan disaksikan oleh Koordinator Dosen Pendamping UKM Minat dan Kegemaran (Bpk. Eddy Soedjoko), PD 3 Fakultas, Kabag. Kemahasiswaan (Bpk. Suhardo), Kepala Puslakes Unnes Bpk. Azzam), Bu Ayu yang mewakili Bpk. Walikota Semarang, PMI Kota Semarang dan PMI Provinsi Jawa Tengah, rekan-rekan KSR PMI se-kota Semarang dan UKM se-Unnes. Selama 4 hari kegiatan itulah peserta dan panitia tinggal di Tenda dan pemberian materi oleh fasilitator dilaksanakan di Gedung Auditorium Unnes.

     Pada hari pertama kegiatan diawali dengan Orientasi Kepalangmerahan oleh Bpk. Muhammad Muas (Wakil Kabid. Relawan PMI Pusat, kemudian dilanjutkan dengan materi Konsepsi Kebencanaan oleh Bpk. Maduseno Widyoworo (PMI Provinsi Jawa Tengah) dan Materi Dampak Resiko Bencana oleh Bpk. Darsono (BPBD).

     Kemudian kegiatan hari kedua diawali dengan Happy Healhy yaitu pengenalan Senam Konservasi yang di instrukturi oleh Sdri. Danny mahasiswi FIK Unnes, kemudian Kampus Siaga Bencana, Diskusi Pencapaian parameter dan rencana kerja tindaklanjut KSB oleh Sdri. Rina Utami (PMI Provinsi Jawa Tengah), dilanjutkan dengan materi Peran Mahasiswa dalam Pengurangan Resiko Bencana oleh Titi Moektijasih (Humanitarian Affairs Analyst) dan Claire Gaulin (Deputi UN OCHA, mahasiswa magang dariPrancis), materi KSB Unnes oleh Sekretaris PR III Bp. Amidi dan Komandan KSR PMI Unit Unnes Raga Fadhashar, kemudian diakhiri dengan materi KSB kampus lain dengan fasilitator dari KSR PMI Unit VII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

     Pada hari ketiga diawali dengan Happy healthy dengan tema “Kenali Temanmu” kemudian dilanjutkan materi Pelatihan VCA (Vulnerability and Capacity Assesment) dan PRA (Participatory Rural Appraisal) oleh Bp. Slamet (PMI Provinsi Jawa Tengah) yang dilanjutkan dengan materi Metode and Tools Pelatihan VCA dan PRA). Malam harinya pukul. 19.00 WIB dilanjutkan acara Pentas Budaya dengan tema “Pelangi Nusantara” yang merupakan serangkaian kegiatan National Voluntary Work Camp 2014. Dalam kegiatan ini peserta menunjukkan berbagai kreativitas, yang menjadi budaya daerahnya masing-masing. Pentas budaya ini diawali dengan tarian oleh Sdr. Gangsar Kamujo anggota KSR PMI Unit Unnes angkatan XXVIII (mahasiswa program studi Seni Tari, S1) dan penampilan oleh panitia NVWC 2014 yang mewakili KSR PMI Unit Unnes. Setelah itu peserta mementaskan penampilan yang sebelumnya telah dibagi menjadi 10 kelompok sesuai dengan daerahnya. Acara ini tidak hanya disaksikan oleh peserta dan panitia, tapi juga disaksikan untuk umum. Selain di hadiri oleh civitas akademika Unnes, acara tersebut juga di hadiri oleh rekan-rekan KSR PMI UPT se-kota Semarang. Dalam penampilan 10 kelompok, diawali 3 kelompok peserta asal dari Jawa Tengah dan diakhiri dari peserta asal Kalimantan dan Sulawesi. Acara ini sangat meriah karena baik penonton maupun peserta sangat antusias mengikuti dan menikmati pentas budaya yang  disajikan.

     Keeesokan harinya yaitu pada kegiatan NVWC hari ke-4 diawali dengan Happy Healthy dengan berkeliling kampus Unnes konservasi untuk mengenalkan wilayah kampus Unnes kemudian dilanjutkan peserta mempresentasikan hasil mengerjakan Metode and Tools Pelatihan VCA dan PRA. Kemudian setelah itu ada sarasehan panitia dan peserta, pembongkaran tenda, dan pada pukul 13.00 WIB upacara penutupan kegiatan NVWC 2014 yang ditutup oleh Bp. Eddy Soedjoko selaku Koordinator Dosen Pendamping UKM Minat dan Kegemaran. Sore harinya hingga malam hari peserta mengikuti Tour De Semarang bersama dengan panitia ke Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu dan diakhiri dengan membeli oleh-oleh khas Semarang disepanjang Jl. Pandanaran.

    Keesokan harinya yaitu Senin, 1 September 2014 peserta satu-persatu mulai meninggalkan Universitas Negeri Semarang dengan membawa Ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang kebencanaan dan Pengurangan Resiko Bencana di lingkungan kampus. Harapannya dengan diadakannya National Voluntary Work Camp 2014, Universitas Negeri Semarang menjadi Pioneer bagi kampus lain dalam menjadikan kampusnya menjadi Kampus Siaga Bencana dan mampu menerapkan ilmu yang didapat dan dapat menyebarluaskan misi Kampus sebagai upaya pengurangan resiko bencana kepada teman-teman relawan dan Kampus di seluruh penjuru tanah air. 

     Si Bimaku.. Yes We Are Ready ! merupakan jargon yang dipekikkan oleh panitia NVWC 2014 sebagai penyemangat dalam kegiatan tersebut. SIAMO TUTTI FRATELLI ! (Arum)

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates