UKM Racana Wijaya Gandeng UKM KSR PMI dan UKM Boga dalam Kemah Pramuka Bakti Masyarakat


Semarang (19/10). Lapangan utama Dukuh Persen tampak dipenuhi oleh masyarakat yang antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang. Pasalnya acara Kemah Pramuka Bakti Masyarakat selama 3 hari terhitung mulai hari Jum’at s.d. Minggu, 17 s.d. 19 Oktober 2014 tersebut berlangsung meriah. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi outbond anggota yang dilaksanakan pada hari jum’at, kemudian hari sabtu diadakan pemanenan lele dan bakti lingkungan di Dukuh Persen, dan kegiatan puncaknya pada hari minggu yang diisi dengan serangkaian lomba-lomba untuk anak-anak yang meliputi lomba menggiring bola, pukul air, balap karung, dan juga lomba balap kelereng. Anak-anak di Dukuh Persen tampak antusias dalam meramaikan kegiatan tersebut.
Selain lomba-lomba,  anak-anak dan juga warga tampak mengunjungi posko tes kesehatan dan tes golongan darah. Sejumlah warga secara bergantian mengecek golongan darahnya di posko yang didalangi oleh UKM KSR PMI Unnes. Bahkan anak-anak kecil tampak tak mau kalah untuk mengecekkan golongan darahnya. Selain karena tes kesehatan dan tes golongan darah merupakan kegiatan yang telah direncanakan oleh UKM KSR PMI dalam program kerja Bina Bakti Masyarakat, pada pelaksanaannya kegiatan tersebut dikolaborasikan dengan Kemah Pramuka Bakti Masyarakat yang diadakan oleh UKM Racana Wijaya pada kesempatan tersebut, sehingga menambah minat masyarakat untuk meramaikan.
Selain lomba-lomba dan tes golongan darah, pada kesempatan ini juga tampak ibu-ibu yang tengah memasak abon lele yang didampingi oleh Sdr. Wahyudi selaku ketua UKM Boga Unnes, ikan lelenya di budidaya oleh masyarakat langsung dan  secara bersama-sama dipanen satu hari sebelum kegiatan pada hari minggu tersebut. Acara pada hari minggu berlangsung pkl. 08.00 s.d. 11.00 WIB. “Fokus utama kegiatan ini sebenarnya mendirikan rumah baca warga sebagai wujud pengabdian masyarakat dalam pendidikan, karena sekolah dari sini jauh, harus naik ke atas dulu. Jadi tujuan kami mendirikan rumah baca ya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat yang terbatas”, begitu penuturan dari Sdri. Hesky selaku Humas kegiatan Kemah Pramuka Bakti Masyarakat yang ditemui di posko kesehatan dan tes golongan darah seusai kegiatan. Harapannya dengan diadakannya kegiatan tersebut, kita selaku warga masyarakat yang tengah mengenyam pendidikan tinggi di Unnes dan nantinya akan kembali lagi ke masyarakat, mampu mengabdikan diri pada masyarakat dan memberikan manfaat serta mampu “Berbakti Untuk Negeri” selaras dengan tema kegiatan Kemah Pramuka Bakti Masyarakat tersebut. 

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates