Diklatsar, Liburan Ala KSR PMI Unit Unnes



Liburan tentu saja merupakan saat yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, begitu juga dengan mahasiswa yang tergabung di UKM KSR PMI. Namun, liburan semester ganjil ini akan sangat berbeda bagi calon anggota KSR PMI Unit Unnes yang mengikuti kegiatan Diklatsar (pendidikan dan latihan dasar) yang merupakan rangkaian kegiatan penerimaan anggota baru angkatan XXIX. Kegiatan ini berlangsung selama 13 hari terhitung mulai 13 s.d. 27 Februari 2015. 
Diklatsar diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari 8 peserta laki-laki dan 45 peserta perempuan. Pelatihan ini diawali dengan upacara pembukaan yang pada kesempatan tersebut Jum’at (13/2) dibuka oleh Dr. dr. Nugrahaningsih WH, M.Kes. yang merupakan Dosen Pendamping KSR PMI Unit Unnes. Upacara pembukaan juga dihadiri oleh tamu dari jajaran birokrasi Unnes, perwakilan Pengurus PMI Kota Semarang, UKM se-Unnes dan KSR PMI Unit Perguruan Tinggi di Kota Semarang. 
Selama Diklatsar, peserta memperoleh materi dan pelatihan kepalangmerahan sebagai dasar untuk menjadi seorang relawan. Materi yang diberikan meliputi Pertolongan Pertama, Perawatan Kedaruratan di Rumah, Pendidikan Remaja Sebaya, Manajemen Kebencanaan, dsb. Tidak hanya secara teori, namun peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang telah didapatkan. Pada Diklatsar hari ke-12, Selasa (24/2) dilaksanakan Simulasi Tanggap Darurat Bencana untuk melatih kesigapan calon Relawan. Selain teori dan praktik, peserta juga memperoleh pendidikan mental agar siap untuk diterjunkan di lapangan.
Dihari terakhir Diklatsar, Jum’at (27/2) diadakan prosesi pelantikan. Sejumlah 50 mahasiswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 43 perempuan yang telah berhasil melewati Diklatsar 120 jam itu akhirnya resmi dilantik menjadi anggota angkatan XXIX KSR PMI Unit Unnes. Upacara pelantikan anggota diawali dengan dialog pelantikan oleh Dosen pendamping KSR PMI Unit Unnes, Jumat (27/2) pukul 09.40 WIB di halaman Wall Climbing dilanjutkan dengan pengucapan janji anggota. “Janji yang tadi diucapkan jangan hanya diucapkan, tapi harus dibuktikan dan dijadikan semangat untuk melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban, ini merupakan awal kalian maka jangan anggap ini sebagai beban tapi lakukanlah dengan senang hati, karena seberat apapun beban akan menjadi ringan jika dilakukan bersama” begitu pesan Bu Nug kepada seluruh anggota baru. Pelantikan anggota KSR Angkatan XXIX ini dihadiri oleh birokrasi Unnes, PMI Kota Semarang, UKM se-Unnes dan rekan-rekan KSR PMI Unit Perguruan Tinggi se-Kota Semarang. Pelantikan ini ditandai dengan penyiraman air kesetiaan oleh Ibu Nugrahaningsih dan para tamu undangan yang hadir. Sebagai penutup, seluruh tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada anggota yang baru dilantik.
Semoga anggota angkatan XXIX menjadi anggota yang loyal, disiplin dan bertanggungjawab sesuai dengan tema yang diusung pada Diklatsar dan Pelantikan Anggota Angkatan XXIX ini. Harapannya KSR PMI Unit Unnes menjadi organisasi yang semakin mantap dalam menjalankan tugas kemanusiaan. (Lutfiatul/KSR28, Fairuza/KSR28)

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates