KSR PMI Unit Unnes Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sabtu (28/2), KSR PMI Unit Unnes menggelar pelatihan Jurnalistik untuk para anggota. Pelatihan ini merupakan program kerja baru dari Divisi Humas 2015. Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari itu diikuti oleh 105 peserta dari angkatan XXVI, XXVII, XXVIII dan anggota baru angkatan XXIX.

Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di gedung PKMU lantai 2 pukul 08.00 WIB resmi dibuka oleh Komandan KSR PMI Unit Unnes, Amirul Machfud Kurnianto. “Pelatihan ini memiliki poin - poin penting untuk kita belajar dan memperdalam ilmu jurnalistik, sehingga bisa meningkatkan perkembangan organisasi dalam bidang penerbitan/pemberitaan untuk KSR PMI Unit Unnes” begitu pesan beliau kepada seluruh peserta dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan ini. Beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini. Beliau juga berharap bahwa pelatihan jurnalistik ini dapat bermanfaat untuk kedepannya.


Pelatihan Jurnalistik 2015 bekerjasama dengan UKM BP2M (Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa) Unnes. Dalam satu hari, peserta disuguhi tiga materi yang berbeda. Materi pertama, Jurnalistik Dasar dengan pemateri Eva Rofiqoh selaku Pimpinan Redaksi Buletin Express. Sedangkan dua materi yang lain adalah Reportase dan Media (buletin) masing-masing disajikan oleh Kirana Diah Prameswari dan Heru Ferdiansyah. Peserta diberikan pengarahan tentang penulisan berita yang objektif, aktual dan penting. Kemudian peserta diberi waktu untuk praktik reportase dan membuat sebuah berita yang aktual. Penulis berita terbaik akan mendapatkan doorprize. Berdasarkan penilaian dari pemateri, Akhmad Fairuza (angkatan XXVIII) terpilih sebagai penulis berita terbaik. Selain itu, peserta juga diajarkan membuat layout buletin dengan menggunakan aplikasi Corel Draw. Pelatihan ini bertujuan untuk menjadikan anggota KSR PMI Unit Unnes berpartisipasi aktif dalam pengelolaan berita dan berwawasan jurnalistik. (Lili/KSR28)

3 comments :

  1. Acara yang bagus! Mungkin perlu diadakan pelatihan serupa untuk seluruh unit ya? :)

    ReplyDelete
  2. iya soalnya ini tuntutan zaman, ksr sekarang bukan hanya dituntut untuk ahli dalam bidang kepalangmerahan saja, namun jurnalistik, karya ilmiah dan bidang lain juga harus dikembangkan

    ReplyDelete
  3. Setuju. Semoga kami dapat menyusul dalam memberitakan kegiatan-kegiatan lewat dunia maya. Salam dari Nakula...

    ReplyDelete

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates