Lomba Antar Anggota, Uji Kemampuan Anggota Baru





Sabtu (21/03), KSR PMI Unit Unnes menyelenggarakan Lomba Antar Anggota atau LAA yang merupakan agenda rutin tahunan yang ditujukan untuk anggota baru. Kegiatan yang diikuti oleh 34 anggota KSR PMI angkatan XXIX ini terbagi dalam 4 jenis perlombaan yaitu LCT (Lomba Cerdas Tangkas), Lomba PP (Pertolongan Pertama), Lomba PK (Lomba Perawatan Kedaruratan), dan Lomba PRS (Pendidikan Remaja Sebaya). Keempat jenis lomba ini merupakan sebagian dari ilmu yang wajib dikuasai oleh anggota KSR PMI.
Lomba Cerdas Tangkas diadakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta mengetahui teori-teori yang berkaitan dengan kegiatan kepalangmerahan. Lomba yang terbagi dalam 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final ini menghasilkan 3 orang juara: Ena Triana, Lisa Anggraeni, dan disusul Berta Anggraeni J. Berbeda dengan lomba Pertolongan Pertama, peserta justru dihadapkan pada kasus yang membutuhkan penanganan segera. Poin yang dinilai oleh juri yaitu ketepatan dan kecepatan penanganan oleh peserta. Kemudian dalam Lomba Perawatan Kedaruratan di Rumah, peserta dihadapkan pada penderita yang membutuhkan perawatan medis, poin yang dinilai oleh juri pada perlombaan ini yaitu ketepatan penggunaan alat-alat dan langkah-langkah dalam menangani korban yang menderita sakit. Yang paling menarik dari semua jenis perlombaan yaitu Lomba Pendidikan Remaja Sebaya dimana peserta dituntut kreatif dalam membuat media yang akan digunakan dan aktif dalam menyampaikan materi PRS kepada audiens yang disimulasikan sebagai murid SMA.
Meskipun peserta belum genap sebulan dilantik menjadi anggota KSR PMI Unit Unnes angkatan XXIX, namun mereka cukup cakap dalam menangani semua kasus yang dilombakan. Hal ini menandakan bahwa ilmu yang mereka dapatkan ketika Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) dan Larut (Latihan Rutin) telah diterima dengan baik.
Kegiatan yang terselenggara di Ruang Rapat Besar dan Halaman Perpustakaan Unnes ini diadakan dengan harapan anggota baru mampu mengaplikasikan ilmu kepalangmerahan yang telah mereka dapatkan. “LAA ini merupakan cuplikan dari YRCC. Saya berharap dari kegiatan LAA ini nantinya ada kaderisasi untuk spesialis dalam acara YRCC” ujar  Amirul Machfud Kurnianto, Komandan KSR PMI Unit Unnes periode 2015. YRCC atau Youth Red Cross Competition merupakan kompetisi yang ditujukan untuk Palang Merah Remaja SMA tingkat Nasional yang akan digelar kembali oleh KSR PMI Unit Unnes di Tahun 2015 ini.
Dari serangkaian LAA, kemampuan peserta tidak hanya dibuktikan secara teori namun juga secara praktik. Pemenang LAA akan diumumkan nanti ketika malam puncak Hari Ulang Tahun KSR PMI Unit Unnes yang jatuh pada Sabtu malam (28/03). Semoga kegiatan Lomba Antar Anggota yang terselenggara ini mampu memacu anggota angkatan XXIX dalam mempelajari lebih banyak ilmu kepalangmerahan. (M. Husni Ari, Nofita Hapsari/KSR28).

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates