SEMANGAT MEMBARA DIKLATSAR DI HARI KESEBELAS


Senin (22/2), merupakan hari kesebelas pelaksanaan Diklatsar Angkatan XXX KSR PMI Unit Unnes yang dilaksanakan dengan penuh semangat baik dari peserta maupun dari panitia. Pada kesempatan hari ini para peseta mendapatkan tambahan ilmu berkaitan dengan materi Restoring Family Links (RFL) yang disampaikan oleh Mbak Ratih D.A. dari PMI Kota Semarang. Dari penjelasan Mbak Ratih tentang materi RFL yang bisa disebut juga dengan Pemulihan Hubungan Keluarga menerangkan bahwasannya Pemulihan Hubungan Keluarga di sini bukan berarti memulihkan hubungan sebuah keluarga yang terpisah akibat pertengkaran. Namun, pemulihan hubungan keluarga akibat kejadian bencana alam, konflik bersenjata, sering kali sebab keluarga terpisah ataupun terputus komunikasinya tanpa mengetahui keadaan anggota keluarganya tersebut.

RFL dibedakan menjadi dua jenis kegiatan yaitu kondisi normal dan kondisi Tanggap Darurat Bencana, dan pada kali ini peserta berkesempatan untuk mempraktekkan langsung terkait dengan simulasi TDB. Hal tersebut membuat peserta semakin memahami materi RFL.




Pada pukul 11.15 WIB dilanjutkan materi tentang Psikososial Support Program (PSP) yang disampaikan oleh Mas Dinu Rahman dari PMI Kota Semarang. PSP merupakan kegiatan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan psikososial individu maupun masyarakat agar tetap optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana maupun kecelakaan.



Selain itu, peserta juga mendapatkan materi seputar  donor darah yang disampaikan oleh dr. Hilda dari (UTD) Kota Semarang dan materi kepemimpinan oleh Mas Amirul Machfud Kurnianto yang merupakan Komandan KSR PMI Unit Unnes Periode 2015. 



Semua peseta mengikuti kegiatan pada hari ini dengan penuh antusias dan semangat. Diharapkan diklatsar hari-hari berikutnya tetap antusias dan bersemangat.

SIAMO TUTTI FRATELLI

DIKLATSAR 2016 ... BERKAWAN SEJATI!!! 


Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates