SIMULASI TANGGAP DARURAT BENCANA (TDB)




Sekarang ini pengetahuan tentang penanggulangan bencana sangatlah dibutuhkan terutama bagi para relawan. Pada hari keduabelas ini peserta diklatsar melakukan simulasi tanggap darurat terhadap bencana tanah longsor. Ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk dapat mengaplikasikan materi yang telah diberikan selama dua belas hari terakhir ini.
Dalam simulasi kali ini semua peserta membuat pembagian tugas agar dalam melakukan simulasi tidak ada yang terlewatkan dan mengalami kesalahan. Adapun pembagian tugas kelompok dalam simulasi kali ini yang dilakukan peserta antara lain yaitu, assesment, watsan, administrasi, posko, shelter, dapur umum (DU), pelayanan kesehatan (Yankes) PP, evaluasi, PSP, dan RFL. Materi – materi tersebut merupakan materi yang telah diberikan pemateri selama dua belas hari ini kepada semua peserta.

Saat simulasi, peserta pun mulai bekerja sesuai dengan tugas yang telah dibagikan. Beberapa peserta membuat tenda sebagai tempat korban bencana, ada peserta yang mempersiapkan dapur umum, mendata barang logistik dan beberapa peserta lain menolong korban bencana yang telah diperankan oleh anggota diklatsar. Tampak wajah kebingungan saat peserta menemukan kejadian tersebut karena memang benar-benar disetting seperti ditempat kejadian bencana sesungguhnya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu para peserta dapat menyelesaikan tugas-tugasnya walaupun terjadi beberapa kendala yang harus mereka hadapi dilapangan.
Semoga ilmu yang telah diterima peserta Diklatsar selama dua belas hari ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates