Jumat, 15 April 2016

LATGAB Relawan Unnes di Kampus UPP PGSD Tegal


Tegal, 2-3 April 2016, latihan gabungan (LATGAB) Relawan Unnes tahun 2016 kini mengguncang kota Tegal. Sejumlah 20 anggota KSR PMI Unit Unnes dan 25 anggota KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Unnes disambut meriah oleh KSR PMI Unit PGSD UPP Tegal FIP Unnes yang berjumlah 50 anggota. Kegiatan latgab dimulai Sabtu - Minggu, tanggal 2-3 April 2016 di kampus UPP PGSD Tegal. Kegiatan diawali dengan perkenalan anggota dan dilanjutkan dengan diskusi  materi Wash, Pemetaan, dan Dapur Umum yang dikemas dalam bentuk teori dan praktik. Diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam menjaga eksistensinya. Sarasehan sharing program kerja antar unit dan malam keakraban menjadi serangkaian kegiatan latgab. Selain expert di bidang kepalangmerahan anggota KSR pun tidak kalah unjuk gigi alam bidang seni. Pada malam keakraban setiap unit menampilkan pentas seni seperti karaoke, stand up comedy, musikalisasi puisi dan akustik.
Dengan semangat kepalangmerahan yang tercermin dari warna baju merah menyala, seluruh anggota KSR mengawali pagi hari dengan senam di lapangan tengah. Sebagai wujud loyalitas terhadap Himpunan Nasional Indonesia yaitu PMI, KSR PMI Unit PGSD UPP Tegal FIP Unnes menginisiasi dengan aksi penandatanganan petisi RUU Kepalangmerahan dan diabadikan dengan aksi foto bersama. Untuk meningkatkan keakraban antar anggota KSR , acara dilanjutkan dengan outbond kelompok sehingga seluruh peserta latgab terbagi menjadi kelompok yang berbeda domisili dengan komposisi 8-9 anggota. Setiap kelompok harus menyelesaikan 5 pos permainan yang sarat makna dan nilai organisasi namun menyenangkan. Tampak setiap kelompok mengunggulkan kekompakkan melalui yel-yel kelompok dan kinerja tim saat berkompetisi di tiap pos permainan. Tanpa disadari outbond berlangsung sampai menunjukkan pukul 10.00 WIB untuk selanjutnya berkumpul di perpustakaan lama untuk sarasehan dan sayonara sebagai kegiatan penutup.
Dimas Gusti Ramadan sebagai penanggungjawab kegiatan latgab dari KSR PMI Unit PGSD UPP Tegal FIP Unnes merasa senang dapat menjalankan tanggung jawab dengan baik dan lancar, tampak rasa antusiasme dan kegembiraan dari seluruh peserta latgab tanpa membedakan domisili unit.. Selain itu, Dimas juga  menyampaikan harapan dari kegiatan latgab agar tercipta rasa kekeluargaan antar KSR Unit, saling mengenal dan memahami, dapat saling mengunjungi dan rasa keakraban tidak hanya terjalin sesaat di latgab namun dapat berlangsung sampai kemudian hari.

Tidak jauh berbeda dari Komandan Terpilih KSR PMI Sub Unit PGSD FIP Ngaliyan, Ronio Gunawan menuturkan rasa senang dan gembiranya dapat langsng bekunjung ke markas kmandoo KSR PMI Unit PGSD UPP Tegal FIP Unnes. Ronio mengusulkan kegiatan latihan gabungan menjadi program kerja tahunan setiap Unit KSR dengan penanggungjawab bergilir mulai dari Ngaliyan, Tegal kemudian tahun besok menjadi tanggungjawab KSR PMI Unit Unnes dengan harapan semakin eratnya silaturahmi dan meningkatnya kemampuan kepalngmerahan setiap anggota KSR. Sesuai dengan jargon latgab 2016 “Kuat Erat, Kita Saudara”  semoga semakin mempererat persahabatan karena anggota KSR adalah saudara dan keluarga besar dengan almamater satu, Universitas Negeri Semarang. Selamat berjumpa kembali di latihan gabungan KSR 2017 di Markas Komando KSR PMI Unit Unnes. (BAJ&ET)

0 komentar:

Posting Komentar