Internasionalisasi UNNES dengan Workshop Kampus Siaga Bencana



Coming soon Workshop Kampus Siaga Bencana 2018

Workshop Kampus Siaga Bencana KSR PMI Unit UNNES 2018 bakalan hadir lagi nih. Upss, emangnya apa sih Kampus Siaga Bencana itu? Kampus Siaga Bencana atau disingkat dengan KSB adalah kegiatan pengurangan resiko bencana yang berfokus pada kampus. Kampus disini merupakan objek yang nantinya akan dijadikan tempat untuk melatih warga Universitas Negeri Semarang khususnya mahasiswa-mahasiswi untuk mendapatkan pelatihan mengenai pengurangan risiko bencana yang dapat terjadi di sekitar kampus kita ini.

KSB UNNES merupakan pelopor di Indonesia dalam upaya pengurangan risiko bencana yang berada di kampus. Berdasarkan analisis Bencana Kerentana Risiko dan Kapasitas atau yang biasa disebut BKRK letak geografis UNNES sendiri berada di daerah pegunungan memiliki kerentanan terkena bencana tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran dan kekeringan. Dengan demikian kami KSR PMI Unit UNNES sebagai relawan Palang Merah Indonesia memiliki kewajiban sosial untuk turut serta dalam menyebarluaskan materi maupun aksi kepalangmerahan termasuk di dalamnya kebencanaan yang terfokus pada pengurangan risiko bencana.

Tema dari Workshop KSB UNNES yaitu "Peningkatan Kapasitas Kampus Siaga Bencana Berwawasan Konservasi di Tahun Internasionalisasi".  UNNES sebagai kampus konservasi juga memiliki tujuh pilar konservasi yang diantaranya mencakup sumber daya alam, lingkungan, dan budaya. Sebagai warga kampus kita perlu memiliki pengetahuan tentang lingkungan kampus yang tentunya harus diwujudkan dengan tindakan konservasi yang bersifat pencegahan dalam menghadapi tantangan kedepannya seperti kelangkaan sumber daya alam, bencana, kesadaran manusia yang menurun dan lain sebagainya. Diperlukan tindakan nyata untuk turut serta mendukung Kampus Konservasi menuju Internasionalisasi sesuai yang diharapkan UNNES. KSR PMI Unit UNNES sebagai salah satu komponen UNNES berkewajiban memberikan aksi nyata terbentuknya karakter konservasi dan tanggap terhadap kebencanaan sehingga menambah goodwill yang dimiliki oleh UNNES di lingkungan masyarakat dan secara tidak langsung turut serta dalam menunjang Internasionalisasi UNNES melalui publikasi ilmu konservasi dan pengurangan risiko bencana yang dikemas dengan bentuk workshop kampus siaga bencana. Dengan terlaksananya workshop ini terbentuk suatu Tim KSB yang diharapkan dapat menumbuhkan tindakan konservasi sebagai bentuk adaptasi lingkungan terhadap perubahan iklim serta membuka kesadaran warga kampus akan pentingnya kesiapsiagaan bencana di dalam kampus.

Sampai jumpa dalam acara Workshop Kampus Siaga Bencana 2018
Siamo!!!

#Humas KSB 2018

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates